Meracik Pakan Ayam Bangkok Sesuai Dengan Usia

By | September 12, 2019

Meracik Pakan Ayam Bangkok Sesuai Dengan Usia,Tentunya bagi agan yang tidak tau nih dalam meracik pakan ayam sendiri tidak dapat dilakukan sembarangan begitu saja tapi ada beberapa hal yang harus di perhatikan jadi pemberikan pakan ini bisa maksimal nantinya.

Jadi seorang peternak kita mesti tahu apa makanan yang dipakai ayam. Pakan racikan yakni pakan yang dibikin dengan gabungan dari beberapa pakan jadi pilihan pakan alternatif. Biasanya dalam pengetahuan peternakan racikan pakan disebutkan dengan ransum.

Beberapa bahan yang dapat kita gunakan jadi bahan meracik pakan salah satunya ialah voer / konsentrat , jagung, dedak, gabah dan beberapa pakan fermentasi ayam bangkok yang Yang lain. Nah kalau sudah mengetahui beberapa bahan yang digunakan dalam membuat sendiri pakan ayam. Maka di bawah ini yaitu racikan dari kami yang bisa anda ikuti sesuai dengan umur ayam.

Meracik Pakan Ayam Bangkok Sesuai Dengan Usia

 

Langkah Meracik Pakan Ayam Bangkok

Racikan Pakan Ayam Bangkok Aduan Di Usia 0-3 Bulan

Pada step usia ayam yang masih muda ini, ayam bakal lebih memerlukan banyak perhatian dari anda. Pasalnya anak ayam yang baru menetas sangat beresiko besar terserang penyakit dan mudah mati.Selain itu perubahan anak ayam waktu berumur di bawah tiga bln bakal punyai efek pada saat perubahaan selanjutnya.Jadi karena step ini betul-betul rawan sekali karenanya peternak butuh memberikan makanan yang sesuai dengan nutrisi yang dibutuhkan anak ayam.

Mengkombinasi Pakan Dari Kosentrat Dengan Nasi

Rata rata makanan yang sesuai utk anak ayam yang baru menetas adalah konsentrat (Voer). Tapi jika kita hanya memberi voer saja pada anak ayam tentu menguras banyak biaya.Penghematan pakan ini yakni langkah paling baik yang bisa kita terapkan sebab tingginya harga voer yang tiap-tiap th alami kenaikan.

Nasi putih satu diantara pakan yang bisa buat jadi pilihan buat dipadukan dengan kosentrat. Nasi betul-betul kaya karbohidrat seandainya dicampurkan dengan konsentrat dapat mengembang sampai ayam jadi cepat kenyang.

Cara membuat olahan pakan ini begitu sederhana, perdana campur nasi dengan konsentrat serta siram dengan air panas. Dengan begitu pakan bakal mengembang sampai jadi lebih banyak, nah setelah dingin pakan bisa diberikan pada anak ayam.Resep makanan ayam yang satu ini terhitung resep rekomendasi dari botoh tua utk menghemat pakan.

Racikan Konsentrat Dengan Beberapa Bahan lainnya

Bukan hanya memanfaatkan nasi putih, anda dapat membuat olahan pakan dengan beberapa bahan. Langkah tersebut betul-betul efektif, seandainya anda ingin memperkaya nutrisi pada pakan ayam.Beberapa bahan yang bisa anda campur dengan konsentrat diantaranya yaitu dedak padi, jagung giling halus ( menir ), tepung ikan, dan kategori pakan lainnya.

Beberapa bahan itu harganya cukup murah gan, meski begitu jangan sampai meremehkan khasiat dan mutu pakan tersebut gan.Intinya yang jadi penentu bagus atau tidaknya hasil racikan pakan ayam bangkok yaitu keseimbangan serat yang ada di pakan. Dan tentu anda juga mesti pahami kandungan gizi pada bahan yang digunakan.

Racikan Pakan Ayam Bangkok Muda dan Induk Ayam

Ayam bangkok muda atau ayam lancuran adalah ayam yang memasuki masa pertengahan di mana ayam telah berumur lebih dari empat bulan.Idealnya makanan pokok utk ayam aduan muda yaitu jagung.

Tapi biar lebih hemat kita juga bisa membuat kombinasi pakan yang seimbang dan sesuai kebutuhan.Sekedar sharing pengalaman, pada masa ini saya senantiasa mengaplikasikan pola perawatan yang sama antara ayam muda dengan induk ayam.

Racikan Pakan Ayam Harian Ayam Bangkok

Dengan cara bahasa ransum adalah makanan yang telah ditentukan porsinya bagi Setiap orang. Jadi dengan membuat ransum harian anda bisa mengatur pola dan waktu pemberian pakan pada ayam bangkok.Kebanyakan orang menerapkan ransum pakan ini utk jenis ayam potong dan ayam petelur.

Tapi pada dasarnya cara ini juga bisa diterapkan pada ayam bangkok aduan.Jenis pakan yang pas sebagai bahan pelaksanaan ransum ayam bangkok diantaranya jagung, pakan gabah, singkong, kedelai, serta anda bisa memberi sedikit tambahan konsentrat.

Resep Membuat Pakan Paket Hemat

Tidak cuma membuat ransum pakan seperti yang dijelaskan di atas, anda juga bisa coba alternatif dengan memasak pakan ayam.Mungkin cara ini terdengar aneh dan jarang dilakukan oleh para peternak ayam bangkok.,Meracik atau membuat makanan ayam sendiri bisa jadi pilihan yang paling efektif utk menghemat pakan ayam. Berikut ini cara membuatnya

  • Pengerjaan pakan ini memakai bahan penting beras dan jagung giling.
  • Setelah itu campurkan beras dan jagung setelah itu dimasak layaknya kita memasak nasi.
  • Nah setelah matang berikan bahan penambahan seperti tepung ikan, sayuran (kubis/sawi).
  • Seterusnya berikan pada ayam.
  • Pakan buatan ini tidak hanya pas utk ayam muda dan induk ayam saja, buat ayam dewasa juga bisa diberikan olahan pakan ini.

Racikan Pakan Ayam Bangkok Aduan Dewasa

Step terakhir dari perawatan ayam aduan adalah diwaktu ayam bangkok sudah siap diadu atau telah dewasa. Pada masa ini ayam membutuhkan latihan, perawatan husus dan pakan yang berkwalitas agar bisa jadi ayam juara.Memang pada kenyataannya memelihara ayam dewasa lebih menguras kantong apabila di bandingkan dengan ayam muda. Tidak cuma pakan kita juga butuh memberikan suplemen, jamu, vitamin biar ayam jadi kuat.

Buat racikan pakan ayam dewasa ini tidak bisa disamakan dengan yang diawal mulanya karena masa ini yaitu step menjadikan ayam.Jadi pakan yang paling tepat yaitu jagung dan beras merah. Jagung sangat sesuai utk ayam jenis pukul, sedangkan beras merah baik buat ayam jenis jalu.

Kemudian berikan pakan selingan seperti buah – buahan dan juga buat mencukupi keperluan gizi ayam dengan nasi putih, gabah, sayuran, kosentrat.Dengan pakan tersebut serta latihan yang benar ayam bangkok dapat jadi ayam aduan yang berkelas serta bernilai mahal pastinya gan.

Mungkin sampai disini saja ya gan sharing dari kami semoga bisa jadi inspirasi untuk agan yang mau mendapatkan ayam aduan yang berkualitas tinggi terima kasih sudah membaca salam satu hobi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *